Kyai 'Alim Yang Santun dan Tawadhu'
Pada sekitar
kurang lebih tahun 1910-an lahirlah seorang bayi yang bernama Asror (KH. Asror)
di Kampung Kauman, yaitu Kampung yang terletak di sekitar lingkungan Masjid
yang menjadi kebanggaan dan pusat pengembangan ilmu-ilmu agama dari dulu sampai
sekarang oleh masyarakat dan santri Kaliwungu dan sekitarnya, yaitu Masjid
Besar Al-Muttaqin. Ayah beliau bernama KH. Ridwan yang masih keturunan Ki Ageng Tarub atau lebih dikenal dengan sebutan Joko Tarub. KH.
Ridwan adalah sosok yang rajin dan istiqomah dalam membaca Al-Qur’an, meskipun KH.
Ridwan tidak hafal Al-Qur’an atau bahkan sudo rungu, tapi KH. Ridwan dapat
menyimak dan mengoreksi seseorang yang sedang mengaji.
Pada waktu
kecil, KH. Asror dididik oleh ayahnya sendiri, setelah beranjak dewasa, pemuda
KH. Asror mengaji atau berguru kepada ulama Kaliwungu yang juga masih kerabat
dengan ayah dan ibunya. Diantara Guru-gurunya adalah KH. Ahmad Ru'yat (saudara sepupu), KH. Ahmad Badawi (kakak ipar) dan masih banyak lagi ulama lain yang
mendidik beliau.
Pada masa
menuntut ilmu, KH. Asror dikenal tekun dan disiplin sehingga walaupun beliau sangat lama menuntut Ilmu di daerahnya sendiri, namun karena ketekunannya, beliau bisa
menguasai Ilmu-ilmu yang diperoleh dari guru-gurunya. Diantaranya adalah beliau hafal Al-Qur’an, hafal Qira’ah Sab’ah, hafal kitab Tafsir Jalalain, hafal kitab Fathul Mu’in dan menguasai ilmu-ilmu syari’ah lainnya.
Walaupun beliau menguasai banyak ilmu, namun beliau dikenal masyarakat sebagai
seorang Kyai yang tawadhu’, santun dan loman (dermawan).
Sehingga banyak masyarakat yang ta’dhim kepada beliau,
sampai-sampai konon katanya, apabila ada seseorang yang naik sepeda lewat di
depan rumahnya, sepeda tersebut dituntun sebagai penghormatan kepada beliau.
Baca juga: Kisah Kesederhanaan KH. Asror Ridwan
Pada suatu
hari, beliau dipanggil oleh KH. Ahmad Ru'yat yang tidak lain adalah guru
sekaligus saudara sepupu beliau. Beliau diminta oleh KH. Ahmad Ru'yat untuk
mengajar/mulang masyarakat setiap pagi hari (ba’da subuh), agar masyarakat
tidak buta akan ilmu-ilmu agama khususnya ajaran Al-Qur’an. Dengan keta’dhiman
dan keikhlasan, beliau menyanggupi permintaan gurunya tersebut. Pengajian yang
diajarkan beliau adalah kitab Tafsir Jalalain, tetapi sebelum beliau
memulai mengajar, terlebih dahulu beliau membaca Al-Qur’an bil ghaib
sekedar beberapa ayat dan disimak oleh masyarakat yang mengaji. Ratusan orang
setiap pagi berbondong-bondong mengaji kepada beliau, mungkin dikarenakan
beliau merupakan salah seorang santri kesayangan KH. Ahmad Ru’yat, mungkin juga
karena kealiman beliau yang menguasai berbagai bidang Ilmu Agama (Ulumulqur’an
dan Ulumussyari’ah) dan mungkin juga dikarenakan ketawadhu’an, kelomanan
dan kesantunan beliau kepada setiap orang. Allahu A’lam
|
KH. Ibadullah, KH. Asror, dan KH. Humaidullah |
Pengajian Tafsir
Jalalain ini bertempat di sebuah Majlis Ta'lim samping rumah beliau
atau tepatnya di sebelah utara Masjid Besar Al-Muttaqin Kauman Kaliwungu
Kendal. Disamping itu, KH. Asror juga mengajar para santri di Ponpes-nya
sendiri (PPTQ Al-Asror) dan di Ponpes APIK Kauman yang merupakan peninggalan kerabat Ayah beliau yaitu KH. Abdurrasyid bin Musa (kakak KH. Ridwan) dan KH.
Irfan bin Musa (kakak KH. Ridwan). Ini adalah bukti pengabdian beliau kepada
para santri dan masyarakat serta usaha beliau mensyi'arkan ilmu dan syari'at
Islam kepada seluruh santri dan masyarakat. Beliau juga dipercaya menjadi Imam Shalat Tarawih di Masjid Besar Al-Muttaqin Kaliwungu.
Diantara
murid/santri beliau banyak yang menjadi tokoh/ulama di daerahnya, diantaranya
adalah KH. Dachlan Salim Zarkasyi Semarang yang merupakan perintis/penemu Metode
Qira’ati dan konon katanya, metode ini merupakan metode membaca Al-Qur’an yang
pertama kali ada di Indonesia. Dan juga masih banyak lagi santri/murid beliau
yang lain yang menjadi ulama/tokoh masyarakat.
Pada hari
Selasa kurang lebih jam 05.30 WIB tanggal 16 Juni 1987 M atau bertepatan dengan
tanggal 19 Syawal 1407 H beliau dipanggil oleh Allah swt untuk selama-lamanya.
Ribuan orang mengantarkan kepergian jenazah beliau, mengantarkan seorang ulama
yang disegani masyarakatnya karena ketawadhu’an, kedermawanan dan kesantunannya.
Beliau dimakamkan di samping makam ayah dan kerabatnya, seperti KH. Irfan dan
KH. Humaidullah Irfan.
Baca juga: Sekilas Tentang Sejarah PPTQ Al-Asror Kaliwungu
Diantara jasa dan peninggalan beliau yang masih lestari dan diteruskan adalah PPTQ
Al-Asror dan Pengajian Tafsir Jalalain yang sekarang diasuh oleh putra beliau
yaitu, KH. Nidhomuddin Asror. Juga pengembangan Ponpes APIK Kauman serta
pendirian Ponpes ARIS yang tidak lepas dari jasa beliau dan ulama lain yang
masih kerabat beliau, diantaranya KH. Humaidullah Irfan, KH. Ibadullah Irfan
dan KH. Ahmad Dum Irfan atas ide dan perintah langsung KH. Ahmad Ru'yat yang
masih merupakan saudara sepupu beliau.
Mudah-mudahan, amal ibadah, jasa dan pengabdian
beliau kepada para santri dan masyarakat Kaliwungu diterima oleh Allah swt. dan
mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda dari Rabb Yang Maha
segalanya, Allah SWT. Amin Ya Mujibassailin…
ADS HERE !!!