Persoalan pendidikan anak di dalam keluarga adalah persoalan yang sangat banyak dibicarakan. Sebagian orang bahkan beranggapan bahwa pendidikan anak yang paling utama bukan di bangku sekolah, namun justru yang paling penting adalah tahapan pendidikan di dalam keluarga.
Namun tidak banyak yang mengetahui bagaimana ajaran Islam mengenai pendidikan anak, khususnya berkenaan dengan cara memberikan pendidikan dalam level usia yang berbeda. Sebab tentu perbedaan usia mempengaruhi pada perbedaan pendekatan dalam melakukan pendidikan pada anak dalam keluarga sebagaimana tuntunan Islam.
Dalam hal ini, Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an (MQ) Tebuireng, Jombang, KH. Ahmad Mustain Syafi’i menjelaskan beberapa fase berbeda dalam mendidik anak yang sayangnya, tak jarang tahapan fase ini kerap kali tidak dipahami oleh para orang tua sehingga menyebabkan kekeliruan dalam mendidik anak-anaknya. Pembagian tahapan ini sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad saw. yang tersirat dalam beberapa hadits Nabi.
Ada tiga fase secara umum yang dibagi oleh Kiai Mustain yaitu tahap awal 0-7 tahun, tahap dua 7-14 tahun dan tahap tiga 14-21 tahun.
Pada tahap pertama, seorang anak akan menghabiskan waktunya untuk bermain. "Saat anak kita berumur 0-7 tahun maka pendidikan yang cocok adalah bermain. Karena pada saat itu fase seorang anak adalah dunia bermain. Namun demikian, pada tahap ini seorang anak tetap harus dididik dan dipantau oleh orang dewasa. Seperti Nabi menyuruh mengajari anak shalat pada usia 7 tahun," kata KH. Ahmad Mustain Syafi’i
Selanjutnya pakar tafsir Al-Qur’an ini menambahkan, dalam fase kedua yaitu saat anak berumur 7-14 tahun, jenis pendidikan yang cocok untuk seorang anak adalah pengajaran akhlak dan tata karma, bila perlu disertai pemaksaan. "Nabi berpesan, jika anak sudah berusia 10 tahun dan anak tidak shalat maka diperbolehkan untuk dipukul. Usia ini diajarkan tata krama terhadap sang Khaliq, kepada orang tua dan manusia," tambahnya.
Pada fase berikutnya, lanjut Kiai Mustain, yaitu umur 14-21 tahun, cara mendidik anak yaitu dengan pendekatan dialogis. Dalam tahap ini seorang anak diajak dan diajarkan untuk menceritakan tentang masalah yang dihadapinya. Pada tahap ini kehadiran orang tua sangat dibutuhkan untuk mendengarkan cerita anak.
Di usia ini, anak-anak lebih butuh perhatian, butuh diakui dan didengarkan pendapatnya. Bila orang tua tidak tanggap maka anak akan lari dan pergi mencari 'pelampiasan' ke sesuatu yang lain untuk mendapatkan perhatian yang tidak dia dapatkan dari orang tuanya. Makin menghawatirkan lagi sebab pada saat usia ini, seorang anak mulai memiliki ketertarikan pada lawan jenis.
"14 tahun ke atas anak adalah teman orang tua. Jadi pendekatannya dialogis. Kita perlu ingat pesan Khalil Gibran: 'Anakmu bukan anakmu. Kamu bisa membuatkan rumah untuk raganya, tapi tidak untuk jiwanya'," ungkap Kiai Mustain.
Dikatakannya, terkadang dalam mendidik anak orang tua seringkali menganggap jika putra-putrinya masih anak-anak. Sehingga diperlakukan kayak anak-anak. "Ketika menasihati anak lewat lidah itu rawan menyakiti perasaan, kadang anak merasa bukan anak kecil lagi. Maka doa menjadi senjata utama," ujarnya.
Allah mencontohkan orang tua yang mendoakan anak-anaknya. Seperti dalam Al-Qur'an surah Ali Imran ayat 36, ada contoh doa Maryam untuk bayinya. Doa Nabi Ibrahim untuk anak turunnya juga banyak di Al-Qur’an. Misalnya surah Ibrahim ayat 40-41. Sehingga banyak anak turun Nabi Ibrahim yang jadi Nabi. "Tradisi Nabi-Nabi adalah mendoakan anak-anaknya," tandas Kiai Mustain.
Fase di atas sangat penting diketahui oleh orang tua baik laki-laki dan perempuan karena mereka berdua berperan sebagai pendidik pertama dan utama dalam keluarga. Keduanya memegang peranan penting dan strategis dalam mendidik anak-anaknya. Hal ini sesuai dengan firman Allah, “Wahai orang-orang yang beriman. Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka...” (QS. At-Tahrim: 6).
Rasulullah saw. dalam sebuah hadistnya bersabda, “Tidak ada seorang anak Bani Adam, kecuali dilahirkan di atas fitrahnya, (jika demikian) maka kedua orangtuanya itulah orang menjadikannya Yahudi, atau Nasrani atau Majusi, ...” (Muttafaqun ‘alaih).
Dalam hadits yang lain Rasulullah saw. bersabda, “Perintahkanlah anak-anakmu mengerjakan shalat ketika berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka jika tidak mau mengerjakannya ketika berusia sepuluh tahun,” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Ahmad dan Hakim).
Makna yang terkandung dalam firman Allah dan hadits di atas sejalan dengan pendapat seorang ahli pendidikan, Dr. Decroly yang menyatakan bahwa, 70 persen dari anak-anak yang jatuh ke dalam jurang kejahatan itu berasal dari keluarga-keluarga yang rusak kehidupannya.
Oleh karena itu, orangtua mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk moral kepribadian anak, yaitu melalui pendidikan yang dipraktikkan melalui sikap perbuatan atau teladan dalam kehidupan sehari-hari.
Wallahu A’lam
Sumber: Situs PBNU